Lampu Luminer

Luminer merupakan unit penerangan lengkap, terdiri dari lampu atau lampu bersama dengan bagian yang sengaja dirancang untuk mendistribusikan cahaya, menempatkan dan melindungi lampu serta pemberat (jika ada), dan untuk menghubungkan lampu dengan daya suplai. 

 Karena luminer (perlengkapan pencahayaan) sebelumnya tak ditentukan sebelum NEC 2002, definisi terbaru ini dimaksudkan untuk mencakup semua aspek unit pencahayaan, termasuk lampu yang benar-benar memberikan penerangan, dan bagian internal dan eksternal yang diperlukan untuk operasi unit yang tepat. 

"Luminer" dapat dari jenis konvensional seperti lampu pijar yang tersembunyi atau dipasang di permukaan, fluoresen, atau luminer pelepasan muatan listrik lainnya. Luminer juga bisa dari jenis non-konvensional seperti serat optik dengan sumber cahaya di satu lokasi dan inti serat atau "pipa ringan" di lokasi lain. Dalam hal ini, kabel serat menyediakan distribusi cahaya untuk sistem pencahayaan. Ada juga sejumlah produk yang masuk ke pasar yang menggunakan dioda pemancar cahaya (LED) sebagai sumber cahaya. 

Perihal lampu luminer jarang dibahas dan mungkin tidak sepenuhnya dipahami oleh banyak penginstal dan pengguna. 

Lampu adalah bagian penting dari sistem pencahayaan secara keseluruhan, sehingga pemahaman yang lebih baik tentang lampu, perbedaannya dan lokasinya di dalam luminer seringkali penting dari sudut pandang keselamatan dan fungsional. 

Lampu pijar ditandai dalam beberapa cara berbeda. Bentuk bola kaca, permukaan di bagian dalam atau luar bola, gaya dasar, jenis dan bahan filamen, dimana lampu dirancang untuk beroperasi dan klasifikasi lampu adalah semua cara yang berbeda mengklasifikasikan lampu. 

Lampu tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk dan desain. Lampu pijar terdiri dari dasar konduktif listrik yang dihubungkan melalui batang kaca ke filamen yang terletak di dalam bola kaca transparan atau tembus cahaya. 

Daya dari rangkaian listrik diterapkan ke pusat basis konduktif listrik dan dengan demikian ke satu sisi filamen. Bagian tengah alas lampu diisolasi dari bagian sekrup luar alas logam. Basis sekrup konduktif luar dihubungkan ke sisi lain dari filamen dan ke netral dari rangkaian. 

Ketika daya diterapkan dengan koneksi yang sesuai ke netral, arus listrik mengalir melalui filamen lampu menghasilkan panas dan cahaya. 

"Lampu" adalah istilah teknis untuk sumber cahaya konvensional ini, istilah "bulb" digunakan pada saat-saat slang. Bulb sebenarnya menunjukkan bentuk kaca lampu. Misalnya, bentuk garis standar ditetapkan sebagai lampu "A" dan memiliki bohlam kaca yang bentuknya standar. 

Lampu "A" digunakan untuk lampu layanan umum hingga ukuran 100W. Lampu berukuran 150W dan lebih besar memiliki bohlam berbentuk buah pir dengan huruf "P" atau "PS" untuk bentuk pir. 

Lampu memiliki watt lebih tinggi dan mengembangkan lebih banyak panas sehingga filamen dipindahkan lebih jauh dari dasar lampu. 

Lampu "C" berbentuk kerucut seperti lampu malam. 

Lampu "F" berbentuk api, seperti jenis yang digunakan pada lampu gantung. 

Lampu "G" adalah bentuk bundar seperti lampu yang digunakan untuk lampu rias di kamar mandi. 

Lampu "PAR" memiliki bentuk parabola dan sering digunakan sebagai tempat luar untuk penerangan keamanan. 

Lampu dengan sebutan "R" adalah lampu dengan reflektor atau lapisan perak pada bohlam untuk memantulkan cahaya di dalam bohlam baik ke atas atau ke bawah. Luminer sering dirancang dengan trim khusus atau bagian luar rakitan yang akan membantu mengarahkan panas dari bagian dalam unit. 

Bila panas sangat kritis, lampu "R" juga dapat digunakan. Lapisan perak mungkin terletak di bagian bawah bohlam di sekitar alas yang memantulkan panas kembali dari alas atau mungkin terletak di mangkuk bohlam yang memantulkan kembali panas ke dalam fixture

Watt dan desain lampu, serta lokasi dalam luminer, sangat penting untuk pengoperasian yang benar dan aman. Memasang lampu di dalam luminer dimana panas dari lampu dapat menyebabkan kerusakan kabel dan komponen lain dalam unit dapat menyebabkan kegagalan fungsi luminer dan kemungkinan kebakaran!